Semangat Kemajuan

Rabu, 17 Oktober 2012

Salah Satu Penemuan Islam Yang Menginspirasi Dunia

1


Kehidupan modern tak lepas dari penemuan-penemuan ilmuan muslim. Dunia mungkin lupa betapa berharganya warisan ilmu-ilmu pengetahuan oleh kaum muslimin. Bahkan ada yang tak menyangka bahwa prinsip-prinsip pengetahuan modern itu ditemukan lewat kecermelangan pemikiran ilmuan muslim. Untuk masa itu, ilmu mereka dikatakan telah melampaui batas zamanya.

Penemuan Mesin Terbang
Abbas Ibn Firnas adalah orang pertama yang membuat upaya nyata untuk membangun sebuah mesin terbang. Pada abad ke-9 ia merancang alat bersayap kasarnya menyerupai kostum burung, dalam percobaan yang paling terkenal yaitu dari atas menara Masjid Agung Cardoba di Spanyol, di tahun 852 Abbas ibn Firnas berharap terbang seperti halnya burung. Tetapi ia menukik kebawah dan sedikit cidera di punggung karena dengan mantel yang bersifat sebagai parasut pertama ia sediakan untuk melindunginya.

pada 875, dan ia berusia 70 tahun, setelah Abbas Ibn Firnas menyempurnakan sebuah mesin dari sutera dan bulu elang, dan ia mencoba kembali melompat dari sebuah gunung. Dia terbang dengan ketinggian yang signifikan dan tetap tinggi selama sepuluh menit, tetapi ia jatuh saat mendarat dengan benar karena ternyata ia tidak memberikan perangkat ekor yang akan memperlambat saat mendarat. Bandara internasional Bagdad dan sebuah kawah di Bulan diberi nama Abbas Ibn Firnas.

1 komentar:

shella mengatakan...

good

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting